BUKU: MANAJEMEN K3 SAAT OPERASI KEMANUSIAAN

ABSTRAKSI Bekerja di daerah bencana atau paska bencana (termasuk konflik bersenjata) bagi sukarelawan dan pekerja kemanusiaan merupakan kondisi yang penuh dengan ketidakamanan. Oleh karenanya Lembaga Kemanusiaan tempat mereka berkhidmat dapat memastikan terjaminnya keamanan, keselamatan dan kesehatan para sukarelawan dan pekerja kemanusiaannya. Membuat kondisi kerja yang aman, selamat dan sehat memerlukan sebuah manajemen pengelolaan risiko, manajemen pengelolaan risiko dapat menggunakan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Manajemen ini dapat berjalan dengan baik dan membuahkan hasil zero accident bila seluruh komponen terlibat, mulai dari manjemen sampai sukarelawan dan pekerja kemanusiaan dan juga penyuplai, kontraktor dan donatur. Dalam penerapan sistem manajemen K3 dalam operasi kemanusiaan diperlukan sebuah panduan yang kebetulan masih tergolong langka. Oleh karenanyalah buku ini hadir untuk membantu pengelola, sukarelawan dan pekerja kemanusiaan dalam menerapkan K3.

ABSTRACT Working in disaster or post-disaster areas (including armed conflict) for volunteers and humanitarian workers is a condition full of insecurity. Therefore, it is necessary to ensure that the Humanitarian Institution where they serve can ensure the security, safety and health of the volunteers and humanitarian workers. Creating safe, secure and healthy working conditions requires a risk management; risk management can use an occupational health and safety management system (K3/OSH). This management can run well and produce zero accident results if all components are involved, from management to volunteers and humanitarian workers as well as suppliers, contractors and donors. In implementing the OHS management system in humanitarian operations, a guide is needed which incidentally is still relatively rare. Therefore, this book is here to assist managers, volunteers and humanitarian workers in implementing OSH.

Please download for free here:
Silahkan, ini link bukunya:
Alhamdulillah,
Bismillahirrahmanirrahim,
Teman-teman, bersama ini saya haturkan buku saya yang berjudul: *”Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja Dalam Operasi Kemanusiaan”* secara gratis.
Mohon do’akan saya agar masih tetap bisa berbagi, serta saya dan keluarga saya berkah & sehat, Aamiin.

Terima kasih atas dukungannya selama ini dan juga membantu share buku ini.
Semoga bermanfaat.
Inilah tautan bukunya: https://www.mediafire.com/download/f8jiefbkyw560d6

Salam takzim 🙏,
*Ujang Dede Lasmana*

#K3 #safetyfirst #penanggulanganbencana #SiapUntukSelamat